• Header7
  • header1
  • header 4

Kodim 1803/Fakfak
JL. Pramuka No. 1 Sorong Papua Barat

DANDIM 1803/FAKFAK PIMPIN UPACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Fakfak – Bertempat dilapangan Makodim 1803/Fakfak, Jl. A. Yamin telah diadakannya Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, yang dipimpin oleh Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman, A.Md., dan diikuti oleh Kasdim 1803/Fakfak, Para Perwira Staf, Para Danramil, DanTepbek Fakfak serta seluruh personel dan ASN Kodim 1803/Fakfak, Sabtu (01/06/2019).

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI yang dibacakan oleh Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman, A.Md., mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun sebagia bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Lahirnya Pancasila berawal dari pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno (Bung Karno) Presiden pertama Indonesia dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI tersebut.

Tokoh Bung Karno dianggap sebagai pencetus dan pengagas ide Pancasila dengan lima sila yang terdapat di tubuh Pancasila, Bung Karno sendirilah yang merumuskan sila persila yang ada di dalam pancasila sebagai Idoelogi bangsa dengan tidak menyepakati hasil Piagam Jakarta yang sebelum Pancasila akan dijadikan dasar negara Indonesia. Dirumusknanya Pancasila oleh Bung Karno sebagai dasar Negara bukan tanpa sebab dengan memperhatikan perjuangan bangsa indonesia untuk memerdekakan bangsa ini maka Pancasila dianggap mewakili seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali itu tertuang dalam tiap butir-butir didalam Pancasila. Hari lahir pancasila sendiri baru diresmikan sebagai hari peringatan nasional oleh presiden Ir. Joko widodo pada tahun 2016 lalu.

Selaman 74 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Sebagai bangsa yang majemuk, yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu Kita harus terus memperkokoh semangat Bhineka tunggal Ika dan bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin, serta dengan modal semangat dan energi kebersamaan.

 

Info Khusus Parajurit

Login Form